Kain batik menjadi salah satu kerajinan khas dari Banyuwangi maka tak sedikit pertokoan dan pengrajin yang menjajakan batik tulis maupun batik cap Banyuwangi. Meski di Indonesia ada banyak kota yang juga dikenal sebagai pusat kerajinan kain  batik, misalnya kota Solo, Pekalongan, dan lain sebagainya. Namun karena kain batik sendiri merupakan warisan budaya ada perbedaan mencolok dari setiap batik di masing-masing daerah. Terutama dari segi motif yang memang mencerminkan kebudayaan serta kebiasaan masyarakat setempat.

Tak perlu ragu mengoleksi kain batik dari berbagai daerah baik dalam bentuk kain meteran maupun yang sudah dalam bentuk baju. Pasalnya setiap daerah punya ciri khas sendiri di dalam kerajinan kain batiknya sehingga Anda tak akan menjumpai batik yang monoton. Banyuwangi bisa menjadi tujuan Anda untuk berburu kain batik, apalagi di kota yang bersebelahan dengan Situbondo ini punya 20 motif batik kontemporer. Tak rugi singgah kesini dan memanjakan diri mengisi koleksi lemari dengan aneka kain batiknya yang khas.

Salah satu jenis batik yang mudah dijumpai disini adalah jenis batik cap Banyuwangi, yang memang proses pembuatannya dengan teknik cap. Pengrajin akan menggunakan cetakan khusus yang sudah ada motif batik di dalamnya kemudian dicelupkan ke lilin lalu ditempelkan ke kain polos berwarna putih. Jenis batik sendiri secara garis besar dibedakan ke dalam dua jenis, pertama batik tulis dan kedua adalah batik cap tadi. Dilihat dari berbagai segi keduanya punya banyak perbedaan dan bisa diketahui bahkan oleh orang awam sekalipun.

Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap

Bagi Anda yang sempat cemas tertipu penjual kain  batik, mungkin hendak mencari batik cap malah keliru membeli batik tulis padahal harganya jauh berbeda. Maka kenali perbedaan kedua jenis batik ini dulu, diantaranya adalah:

  1. Dilihat dari tingkat kerapian motifnya maka batik cap adalah pemenangnya karena memang alat cetak motifnya sudah disiapkan terlebih dahulu sementara batik tulis dibuat secara manual sehingga kurang rapi.
  2. Karena teknik pembuatan dengan cara dicap maka tinta pada batik cap Banyuwangi tidak menembus sampai ke kain belakang, kondisi sebaliknya pada batik tulis.
  3. Pada batik cap warna dasar kain cenderung lebih tua dibandingkan warna dasar pada batik cap untuk mempermudah proses membatik.
  4. Ketika dicium aroma batik cap lebih menyengat dibanding batik tulis.
  5. Motif pada batik tulis biasanya ada titik besar sebagai tanda menggoreskan lilin memakai canting.

Perbedaan di atas bisa menjadi patokan untuk mendapatkan jenis batik sesuai keinginan dan anggaran, pasalnya harga batik tulis jauh lebih tinggi ketimbang batik cap. Sekiranya butuh referensi tempat belanja kain batik terpercaya di Banyuwangi, maka mampir saja ke galeri The Using yang setia menyuguhkan kain batik cap Banyuwangi dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *