Melirik kesenian batik tulis Banyuwangi tentu menjadi pengalaman yang menarik, sebab salah satu kota di Jawa Timur ini menghadirkan motif batik tulis yang terbilang khas. Tak salah jika Banyuwangi kemudian dikenal sebagai salah satu kota produsen batik dengan kualitas yang baik. Ragam motifnya yang khas dan hanya bisa dijumpai di kota ini memang mencerminkan kebudayaan masyarakatnya yang tentu sudah dianut sejak zaman dulu. Menariknya nama-nama motifnya sendiri juga terbilang khas dan dikenal oleh masyarakat di tanah air bahkan mancanegara.

Apabila berniat membeli batik asli Banyuwangi maka bisa membelinya secara online bisa pula membelinya langsung ke pengrajin dengan datang langsung ke kota ini. Anda akan menemukan banyak pertokoan yang khusus menjual kerajinan kain batik, baik yang masih dalam bentuk kain batik meteran maupun yang sudah dalam bentuk baju siap pakai. Jika ingin harga yang lebih terjangkau baiknya mampir ke pengrajinnya langsung, hanya saja usaha untuk sampai kesana memang lebih ekstra dibanding mampir ke galeri atau butik.

Kelebihan Batik Tulis dari Banyuwangi

Sama seperti daerah penghasil batik lainya, Banyuwangi juga menyajikan batik dengan aneka rupa motif dan kualitas. Tak hanya ada batik tulis namun juga batik cap yang tentu dijajakan dengan harga yang lebih miring. Semua orang tentu mahfum manakala harga batik tulis Banyuwangi lebih mahal dibandingkan dengan batik cap. Mengapa? Pasalnya batik tulis memiliki kelebihan yang tidak dijumpai pada batik cap, adapun kelebihan tersebut antara lain:

  1. Motifnya cenderung unik sebab menggoreskan lilin ke kain putih secara manual meski beberapa kain batik menghadirkan motif sama akan ada perbedaan bentuk pada masing-masing kain, sehingga lebih berkarakter.
  2. Kualitas lilin pada kain batiknya lebih bagus dan tidak mudah luntur karena memakai teknik pencelupan sampai beberapa kali. Inilah alasan mengapa batik tulis antara permukaan depan dan di baliknya terlihat sama cerah dan tegasnya.
  3. Batik tulis lebih elegan karena coraknya lebih berkarakter dan kuat sekaligus warnanya lebih sedap dipandang mata.

Kelebihan inilah yang membuat harga dari batik tulis Banyuwangi cenderung lebih mahal ketimbang batik yang proses pembuatanya dengan teknik cap. Apalagi proses pembuatan batik tulis cenderung lama karena masih menganut metode manual, menggoreskan lilin sedikit demi sedikit dari ujung kain ke ujung lainya. Semakin berkualitas jenis kain yang digunakan serta motifnya semakin sulit maka semakin mahal pula bandrol harganya.

Meskipun mahal namun ada sentuhan budaya dan ketekunan pengrajin di dalam batik tulis tersebut, apalagi dijamin lebih elegan dan awet. Mencoba mendapatkan batik tulis yang kualitasnya memuaskan silahkan mampir ke galeri The Using yang berbasis di pusat kota Banyuwangi. Melalui The Using Anda bisa dengan mudah menemukan batik tulis Banyuwangi dengan kualitas premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *