Batik memang pas banget untuk dipakai saat acara-acara resmi maupun pesta. Apalagi, motif Batik pun sangat beragam dan kita bisa menggunakannya kapan saja dan apa saja sesuai selera. Tinggal pilih ini dan itu, Batik masih cocok saja dengan baju kita. Namun tentunya Batik memiliki makna tertentu dalam tiap motifnya. Motif batik vs ocassion, jangan salah pilih! Hati-hati juga salah pakai batik yang malah jadi lambang duka! Waduh!

Saat ke acara pernikahan, pakailah motif jalu mampang

Motif Batik yang paling cocok digunakan untuk menghadiri acara pernikahan adalah jalu mampang. Jalu Mampang ini juga bisa berarti merestui kedua pengantin dan mendoakan hubungan mereka agar langgeng.

 

Berencana menikah? Pakailah motif sido jodho!

Bingung motif jarik yang tepat untuk dipakai saat menikah? Pilih saja motif sido jodho, motif yang merupakan gabungan dari sayap serta burung. Sido jodho, dalam bahasa Jawa berarti “benar-benar jadi berjodoh”. Biasanya, sido jodho ini sering dipakai saat prosesi lamaran atau tunangan, nih.  

Namun, jika Sahabat mengenakannya saat pergi ke undangan pernikahan, sama seperti jalu mampang, jika kamu, kamu berarti juga mendoakan sang pengantin.

 

Motif parang, pas buat pesta maupun kondangan!

Sumber : infobatik.id

Tak hanya sido jodho ataupun jalu mampang, motif parang juga pas dipakai saat acara resmi, pesta, maupun kondangan. Motif parang ini melambangkan kewibawaan. Jadi, pas-pas saja mau dipakai ke acara apapun.

Motif ini biasanya sering digunakan oleh keluarga kerajaan. Motif dari batik ini mirip seperti senjata parang, senjata khas Jawa yang sering melambangkan kehormatan. Inilah mengapa motif ini sangat populer di pulau Jawa.

 

Dan akhirnya, berkenalanlah dengan motif Slobok.

Motif Slobok, yang dalam bahasa Jawa berarti “longgar”. Maksud dari kata “longgar” ini adalah mendoakan agar arwah yang telah meninggal akan diberi kelonngaran dan ampunan serta dilapangkan kuburnya. Tentu saja, motif ini merupakan lambang dari duka cita.

Motif ini berbentuk segitiga geometris bewarna hitam dan putih. Warna dasar batik ini merupakan hitam atau cokelat dengan pewarna alami yang sering disebut soga. Jangan sampai keliru pakai ini di acara resmi, pernikahan, maupun formal ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *