Kalau Sahabat Pagi suka menggunakan batik, apakah Sahabat Pagi sudah pernah memakai Batik khas Banyuwangi? Atau malah justru belum tahu Batik khas Banyuwangi yang mana? Yuk ketahui ragam motif batik Banyuwangi berikut ini!

Kini, terdapat 22 motif batik yang tercatat dan tersimpan di Museum Budaya Banyuwangi. Masing-masing motif memiliki makna serta ciri khas tersendiri. Inilah keenam dari 22 motif batik yang tersimpan dalam Museum tersebut, serta yang merupakan tema untuk festival Batik terbesar di Banyuwangi, Banyuwangi Batik Festival dari tahun 2013.

 

  1. Gajah Oling


Sumber : infobatik.id

Gajah Oling (atau “Gajah Uling”) merupakan motif batik tertua dan paling terkenal di Banyuwangi. Motif Gajah Oling menyerupai tanda tanya. “Gajah Oling” sendiri berarti dari Gajah yang bertubuh besar, atau “yang maha agung”, serta Oling artinya “eling” atau bahasa Jawa dari “ingat”. Maka dari itu, makna dari Gajah Oling merupakan “selalu mengingat yang maha Agung”. Motif ini pernah menjadi tema untuk Banyuwangi Batik Festival di tahun 2013.

 

  1. Kangkung Setingkes


Sumber : infobatik.id

Kangkung Setingkes, yang merupakan motif batik bergambar sayuran kangkung yang terikat oleh sebuah tali. Kangkung Setingkes berarti “seikat kangkung”. Seikat kangkung ini merupakan simbolisme dari kerukunan dalam hidup berumah tangga. Setelah dari motif Gajah Oling, Kangkung Setingkes menjadi tema besar batik dalam acara bergengsi Banyuwangi Batik Festival (BBF) di tahun 2014.

 

  1. Paras Gempal
Sumber : infobatik.id

Dalam bahasa Jawa, “Paras” berarti “Batu Padas” sedangkan “Gempal” berarti “Runtuh”. “Paras Gempal”, secara filosofi berarti manusia yang cenderung keras hati, sekeras apapun hatinya akan luluh juga dengan sebuah kelembutan. Motif ini merupakan batik pilihan yang menjadi tema dalam acara BBF di tahun 2015.

 

  1. Sekar Jagad Blambangan


Sumber : fimela

Motif yang menjadi tema BBF tahun 2016 ini merupakan dari kata “Sekar” atau “Bunga” dari bahasa Jawa; serta “Jagad” yang berarti “Dunia”. Batik ini berarti keindahan dan keanekaragaman bunga di seluruh dunia. Motif batik ini memiliki motif geometris dari sekumpulan motif-motif Batik khas Banyuwangi.

 

  1. Kopi Pecah


Sumber : infobatik.id

Motif ini merupakan motif paling klasik dan unik favorit semua orang. Motif yang dijadikan tema BBF tahun lalu ini merupakan motif batik dari pecahan biji kopi yang tersebar dalam kotak. Fancy, right?

 

  1. Gedegan


Sumber : infobatik.id

Nah, inilah yang akan menjadi tema BBF tahun ini. Bagi anda yang kemarin berkunjung ke BBF tahun 2018 akan disambut dengan variasi batik ini, Gedegan! Gedegan berasal dari kata “Gedeg”, yakni anyaman bambu yang digunakan untuk dinding rumah. Bagus, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *