Batik memang warisan budaya yang telah menjadi kebanggaan kita sejak lama. Tak hanya modis, tapi juga memiliki ragam motif yang bermacam-macam dengan makna tersendiri. Namun, tahukah Anda kalau teknik membatik juga bermacam-macam? Agar Anda tahu proses kreatif dan kesabaran para seniman batik ini, inilah teknik-teknik membatik yang harus Anda ketahui!

 

Teknik Canting Tulis


Teknik canting tulis. Sumber : infobatik.id

Teknik ini merupakan teknik yang sering dipakai untuk membuat batik. Canting merupakan alat yang digunakan untuk membatik khas pulau Jawa. Prosesnya diawali dengan mengisi cairan malam di dalam canting. Lalu, mirip dengan kuas untuk melukis, canting ini digunakan untuk “menuliskan” motif batik diatas kain mori. Yang membuat hasil Batik ini mahal adalah tak hanya butuh keterampilan tinggi sang seniman untuk membuat Batik, tapi juga motif Batik yang telah “dituliskan” dalam Batik ini tidak akan luntur. Keren ya?

 

Teknik Celup Ikat


Teknik celup ikat. Sumber : infobatik.id

Teknik ini merupakan teknik yang sering kita pelajari di sekolah, nih. Masih ingatkah teknik pembuatan batik dengan cara mengikat sebagian kain lalu dicelupkan ke dalam cairan pewarna? Inilah yang disebut teknik celup ikat. Teknik tie dye ini juga biasa dikenal dengan nama jumputan, tritik, sasirangan, ataupun pelangi.

 

Teknik printing


Sumber  : ilmudaninfo.com

Selain Canting Tulis, teknik ini juga sangat populer dalam pembuatan Batik. Dari kedua cara manual tersebut, teknik ini merupakan teknik pembuatan dengan alat. Proses pewarnaan pada batik ini menggunakan alat printing pada satu sisi kain saja. Tentu saja pembuatan batik ini lebih cepat serta efisien. Bagaimana tidak, proses printing ini hanya memakan waktu sekitar 5 menit saja, loh! Tak hanya itu, motif yang dihasilkan juga sangat detil. Wih!

 

Teknik Cap


Teknik cap. Sumber : kratonpedia.com

Mirip seperti stempel, teknik pembuatan batik ini menggunakan pelat bersisi gambar timbul yang hanya perlu di capkan ke kain. Jadi, proses pembuatan batik ini adalah dengan memasukkan canting cap ke dalam cairan malam. Lalu, canting ini dicapkan pada kain mori dan langsung deh, jadi motif dari cap tersebut. Kelebihan dari teknik cap ini adalah pemalamannya lebih cepat.

Begitu beragam sekali teknik membatik ini, kan? Yang mana favorit Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *